Senin, 12 April 2010

Arti Keluarga Bagi Anak

Pengantar
Keluarga adalah tatanan kehidupan masyarakat terkecil yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Keluarga inti adalah keluarga yang terdiri dari anggota inti yang disebut dengan keluarga primer. Sedangkan keluarga yang sudah ditambah dengan anggota lainnya menjadi lebih besar disebut dengan keluarga sekunder artinya ada anggota lain yang diluar anggota inti dalam hubungan sedarah (bukan kandung) atau tidak. Keluarga inti adalah keluarga yang terdiri dari anggota ayah sebagai pemimpin keluarga, ibu sebagai penyeimbang dan wakil ayah dalam keluarga, dan anak sebagai buah hati kelengkapan sebuah keluarga.
Kedudukan keluarga bagi masyarakat sangat dihormati keberadaannya, bahkan sebagian wilayah dalam tatanan budaya lokal tertentu kelengkapan sebuah keluarga menjadi suatu kehormatan yang sangat berarti. Namun tidak berarti bahwa kondisi keluarga yang tidak lengkap sebagai akibat dari penceraian harus dibuang. Kedudukan keluarga memiliki arti penting dan strategis buat kehidupan anak, sebab anak pertama kali memperoleh pendidikan, perlindungan di dalam keluarganya. Perbedaan latar belakang budaya lokal, tidak menjadi perbedaan mencolok di dalam menerapkan pendidikan bagi anak di dalam lingkungan keluarga.
Sejalan dengan bergeraknya kehidupan modern, banyak orang tua yang sibuk dengan urusan karirnya atau jabatannya sehingga ada kesan bahwa urusan keluarga menjadi nomor dua. Hal ini sangat tergantung kepada setiap anggota keluarga dalam menyikapinya. Banyak orang tua sibuk tetapi berhasil dalam membina hubungan keluarga yang harmonis. Yang pasti ikatan batin diantara anggota keluarga sebagai satu kesatuan tidak akan hengkang oleh waktu dan keadaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar